Cara Membuat Virtual Memory Card PS2 (VMC) 1GB


Hy SOBAT BLOGGER ?? ,, Kal Ini Ane Pengen Posting Mengenai Playstation 2 Yaitu VIRTUAL MEMORY CARD ,,, Soalnya BANYAK Teman Ane Yang Request :-D ..
Virtual memory card atau disingkat dengan VMC merupakan sebuah file virtual memory card yang fungsinya sama dengan memorycard standar dari PS2 yaitu untuk menyimpan file atau save game, cuma bedanya jika virtual memorycard wujudnya berupa software yang bisa kita simpan baik dimedia penyimpan seperti harddisk ataupun flashdisk.
Jadi karena VMC ini bisa disimpan dimedia penyimpanan seperti yang digunakan untuk menyimpan file" game buat PS2 yang menggunakan harddisk, baik itu PS2 yang menggunakan harddisk internal, maupun yang menggunakan harddisk external, maka dengan VMC ini, kita tidak memerlukan lagi memory card standar PS2 untuk menyimpan save permainan, atau dengan kata lain fungsih dari MC PS2 digantikan oleh VMC ini.

Dan pada tips kali ini kita akan mencoba lagi membuat VMC yang pastinya lebih mudah dalam proses pembuatan filenya, karena VMCnya dibuat langsung dikomputer, dan prosesnya juga sudah cepat dan tidak perlu lagi menunggu proses format virtual memorycardnya seperti yang kita alami saat membuat VMC dengan HD Project atau Open Ps2 Loader .

Software yang kita pergunakan kali ini adalah software yang dikembangkan oleh POLO (salasatu pengembang dari OPL dan VMC) yang bernama Virtual PS2 Memorycard Maker yang gambar tampilan pertamanya seperti dibawah ini.



Selanjutnya untuk menggunakan softwarenya termasuk mudah untuk kita gunakan, dimana seperti yang terlihat pada gambar diatas pada bagian Vmc Path merupakan path dimana file VMC nantinya disimpan setelah proses pembuatannya.

Sementara pada Vmc Size merupakan ukuran VMC (dalam mega bytes) yang akan kita buat, dan untuk merubah ukuran besar kapasitas VMC umpamanya 32 mb, maka cukup dengan mengklik tanda arah atas seperti pada contoh gambar dibawah ini.


Setelah itu pada Vmc Number merupakan VMC untuk slot apa yang akan kita buat, dimana jika ingin membuat VMC untuk slot mc0 (slot kiri memorycard di PS2) maka klik atau centang pada Memorycad 0, sementara jika ingin membuat VMC untuk slot mc1 (slot kanan memorycad di PS2) maka klik atau centang pada Memorycard 1.

Umpamanya kita akan membuat VMC untuk slot mc0, maka pada Memorycard 0 dicentang seperti pada contoh gambar dibawah ini.


Selanjutnya untuk membuat VMCnya dengan ukuran yang sudah ditentukan sebelumnya, dimana seperti pada contoh ini kalau VMC nantinya yang akan dibuat dengan kapasitas 32Mb, maka tinggal diklik aja START CREATION seperti pada contoh gabmar dibawah ini.


Selanjutnya akan ada proses pembuatan VMCnya seperti pada contoh gambar dibawah ini.


Dan setelah proses selesai dan berhasil, maka akan ada konfirmasi seperti pada contoh gambar dibawah ini.


Klik OK, dan proses pembuatan VMCnya sudah selesai (Cepat cekali....)

VMC yang baru dibuat bisa dilihat difolder dimana VMC tersebut kita simpan, seperti pada contoh ini VMC yang baru dibuat saya simpan difolder VMC di Desktop, dan contoh VMCnya akan seperti pada gambar dibawah ini.


Selanjutnya VMC ini sudah siap digunakan, umpamanya digunakan di OPL yang dikembangkan oleh CrazyC.

VMC yang baru kita buat ini layaknya memorycard ps2 yang baru atau baru diformat yang tidak mempunyai save game apapun isinya.

Jika Kalian Masih Bingung Dengan Tutorial Diatas , Langsung Nonton Aja Tutorialnya , Biar Lebih Paham

 

DOWNLOAD
==> Virtual Memory Card PS2 (VMC) : Google Drive

Dan umpamanya kita menginginkan agar VMC yang baru ini memuat savegame lama yang masih tersimpan di memorycard ps2, atau dengan kata lain kita ingin memindahkan savegame yang ada di memorycard ps2 ke VMC ini dengan tujuan agar save game lama bisa diload dari VMCnya, maka caranya sebagai berikut:

TOLONG DI KOMET YAHH KKK :-D